Fakultas Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah (MD)

Visi Program Studi Manajemen Dakwah

Menjadi salah satu pusat rujukan pendidikan para pengelola dakwah yang profesional, dinamis, dan kompetitif serta berbudaya toleransi dan perdamaian di Provinsi Jawa Barat dan Banten pada tahun 2020.

Misi Program Studi Manajemen Dakwah

  1. Mengelola kegiatan akademik yang mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang manajemen dakwah, serta kegiatan non akademik yang mencakup organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagaan, dan sarana prasarana sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT)
  2. Menjadikan SNPT sebagai dasar dalam penyelenggaraan dan pengembangan sistem penjaminan mutu internal maupun eksternal.
  3. Menyiapkan tenaga profesional yang dapat menjalankan fungsi pengaturan, perencanaan, pengawasan, evaluasi dan pembinaan dalam bidang akademik maupun non akademik.

Tujuan Program Studi Manajemen Dakwah

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen dakwah dengan berlandaskan budaya toleransi dan perdamaian sehingga mampu berperan besar secara dinamis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan ilmu manajemen dalam bidang dakwah yang diperoleh dari proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan dan kemandirian dalam menggunakan konsep, teori dan metode dalam bidang manajemen dakwah, termasuk keterampilan melakukan penelitian ilmiah dan publikasinya dalam jurnal.
  4. Menghasilkan lulusan yang dapat memberi kontribusi terbaik bagi individu, keluarga dan masyarakat, baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional dan dapat menjalankan perannya sebagai agen pembaharu dalam bidang manajemen dakwah.

Kompetensi Lulusan Program Studi Manajemen Dakwah

Kompetensi Utama

  1. Pengetahuan dan Pemahaman:
    • Menguasai teori-teori manajemen dakwah.
    • Mengerti dan memahami prinsip-prinsip manajemen dakwah.
    • Mengerti dan memahami seluk beluk lembaga dakwah.
    • Mengerti dan memahami unsur-unsur manajemen dakwah.
  2. Keterampilan Intelektual:
    • Menguasai perancangan lembaga dakwah yang fungsional.
    • Menguasai cara mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah-masalah lembaga dakwah.
    • Menguasai teknik pengembangan lembaga dakwah.
    • Menguasai pembuatan proposal kegiatan dakwah.
  3. Keterampilan Praktis dan Manajerial :
    • Terampil dalam menerapan sistem informasi manajemen dakwah.
    • Terampil dalam mengelola lembaga dakwah.
    • Terampil dalam memenej kegiatan dakwah.
    • Terampil dalam meneliti lembaga sosial keagamaan.
    • Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja.
    • Mampu mengembangkan diri dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.
    • Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
    • Menguasai metode penerapan manajemen dakwah dalam berbagai situasi.
    • Terampil dalam menerapkan technical skill, human skill dan conceptual skill pada pelaksanaan kegiatan dakwah.

Kompetensi Pendukung

Lulusan Prodi Manajemen dakwah secara pribadi diarahkan mampu memberi kontribusi terbaik bagi individu, keluarga dan masyarakat, baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional dan dapat menjalankan perannya sebagai agen pembaharu dalam bidang manajemen dakwah.

Kompetensi Lainnya

Mempunyai kemampuan dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris baik dalam percakapan maupun penulisan terutama dalam bidang manajerial dakwah.

Profil Lulusan Program Studi Manajemen Dakwah

Lulusan Prodi MD berpeluang besar masuk di berbagai bidang kerja: lembaga-lembaga keislaman: pesantren dan madrasah, masjid, majelis taklim, lembaga-lembaga keuangan syariah, organisasi pengelola zakat, penyelenggara ibadah haji, dan LSM.


<< Kembali ke Fakultas Dakwah << o >> Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam >>