Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Visi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Visi Program Studi PGMI IAI AL-AZIS adalah menjadi salah satu pusat rujukan pendidikan para guru madrasah ibtidaiyah yang profesional, dinamis, dan kompetitif serta berbudaya toleransi dan perdamaian di Provinsi Jawa Barat dan Banten pada tahun 2030.

Misi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

  1. Mengelola kegiatan akademik yang mencakup Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah, serta kegiatan non akademik yang mencakup organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagaan, dan sarana prasarana sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT);
  2. Menjadikan SNPT sebagai dasar dalam penyelenggaraan dan pengembangan sistem penjaminan mutu internal maupun eksternal;
  3. Menyiapkan tenaga profesional yang dapat menjalankan fungsi pengaturan, perencanaan, pengawasan, evaluasi dan pembinaan dalam bidang akademik maupun non akademik.

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah dengan berlandaskan budaya toleransi dan perdamaian sehingga mampu berperan besar secara dinamis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan ilmu pendidikan guru madrasah ibtidaiyah ke dalam profesinya sebagai pendidik yang diperoleh dari proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan dan kemandirian dalam menggunakan konsep, teori dan metode dalam bidang ilmu pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, termasuk ketrampilan melakukan penelitian ilmiah dan publikasinya dalam jurnal;
  4. Menghasilkan lulusan yang dapat memberi kontribusi terbaik bagi individu, keluarga dan masyarakat, baik dalam skala nasional maupun internasional dan dapat menjalankan perannya sebagai agen pembaharu dalam bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.

Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Kompetensi Utama

  1. Menguasai teori keguruan pada jenjang MI/SD.
  2. Memiliki sikap, dan keterampilan keguruan untuk mengembangkan proses pendidikan di MI/SD.
  3. Penguasaan terhadap kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

Kompetensi Pendukung

  1. Mampu membaca Al-Quran dengan tartil.
  2. Melaksanakan ibadah sesuai dengan syariat Islam.
  3. Menguasai IT.
  4. Memiliki pengetahuan tentang seni, budaya, dan keterampilan (SBK).
  5. Memiliki kreativitas dalam mendesain media pembelajaran.
  6. Menguasai Bahasa Arab dan Inggris.
  7. Menjadi pribadi yang berkarakter.
  8. Mengenal anak dan dunianya.

Kompetensi Lainnya

  1. Memiliki keterampilan dalam mengembangkan pembelajaran pada jenjang MI/SD.
  2. Dapat mengaplikasikan berbagai metode statistik.
  3. Mampu mengintegrasikan kegiatan-kegiatan sosial-kemasyarakatan.
  4. Partisipasi aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.
  5. Terlibat aktif dalam berbagai organisasi baik nasional maupun internasional.

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Lulusan Prodi PGMI yang unggul, kompetitif, dan profesional berpeluang besar sebagai tenaga pendidik dan/atau pimpinan di berbagai lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh pelosok nusantara


<< Kembali ke Fakultas Tarbiyah << o >> Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) >>